Selasa, 05 Juli 2011

Model Bisnis Internet, paling menjanjikan ?

Model Bisnis Internet, paling menjanjikan ?

Beberapa fakta berikut ini bisa menjadi alasan: (Bill Gates)

1. Pengiriman berita atau informasi hanya dalam 1 klik via email, dengan jangkauan ratusan bahkan ribuan target pasar.

2. Presentasi dan komunikasi diselenggarakan dengan biaya murah, tanpa perlu menyewa gedung dan bepergian untuk melakukan komunikasi atau dialog dengan target pasar

3. Informasi bisnis (brosur) dibaca jutaan orang pada saat yang bersamaan dalam 24 jam sehari , tanpa biaya reproduksi

4. Berpromosi langsung kepada sasaran / targeted market.

PEMBAGIAN MODEL BISNIS INTERNET

Menurut Afuah (Internet Business Model and Strategies, 2003), 3 komponen utama dari model bisnis internet:

1. Revenue Model. Cara suatu perusahaan menghasilkan revenuenya dari internet. Sekarang ini, banyak perusahaan menggabungkan atau memiliki lebih dari satu bentuk ini. Contoh model bisnisnya adalah:

- Commision based model, model pendapatan yang diperoleh oleh pihak ketiga (intermediary), yang menjadi market maker atas setiap transaksi yang terjadi di websitenya. Perusahaan hanya sebagai penyedia tempat transaksi yang akan mendapatkan persenan keuntungan dari transaksi pembeli dan penjual. tokobagus.com, eBay, PriceLine, VerticalNet

- Advertising base model, model pendapatan yang diperoleh dari iklan perusahaan lain yang ditempel di website kita. Setiap orang akan membayar sejumlah uang pada kita sebagai pemilik website ketika ia menitipkan iklannya di website kita. Yahoo!, AOL, MSN

-Marked up base model, model pendapatan yang berasal dari selisih harga jual dan harga beli dari supplier. Model ini biasanya didapatkan oleh toko online, virtual merchant, e-shop, dan e-tailer. Etrade, Amazon.com

-Production base model, model pendapatan yang diperoleh dari penjualan produk yang dibuat sendiri. Produk yang diproduksi akan secara langsung dipasarkan melalui internet. Dell Computer, HP Campaq, IBM

-Reveral base model, model pendapatan yang diperoleh dari fee karena mengarahkan pengunjung ke website perusahaan lain, biasanya didapatkan oleh portal dan search engine perusahaan yang melakukannya antara Google dengan AdWord-nya dan Yahoo!

-Subscription base model, model pendapatan tetap menurut periode tertentu atas service yang diberikan kepada user, misal ISP

-Fee for service based model, model pendapatan fee berdasarkan beberapa lama atau beberapa banyak user menggunakan service, misalnya perusahaan penyedia webhosting, email account, ASP (application service provider)

2. Commerce Strategies, pembagian bisnis internet berdasarkan pihak-pihak yang terlibat, atau pembagian berdasarkan kepada siapa suatu perusahaan melakukan bisnisnya di internet. Dalam prakteknya perusahaan bisa menjalankan lebih dari model ini. Beberapa jenisnya adalah:

-B2B, kegiatan jual beli barang dan jasa antar bisnis / perusahaan

-B2C, kegiatan bisnis/perusahaan menjual kepada konsumennya

-C2C, kegiatan konsumen menjual kepada konsumen lainnya, biasanya melalui intermediari

-C2B, kegiatan konsumen menetapkan harga untuk barang yang mereka ingin beli dan perusahaan bisa mengambil tawaran tersebut/tidak.

3. Pricing model, pembagian bisnis internet berdasarkan mekanisme pembentukan harga yang terjadi dalam perusahaan. Beberapa diantaranya:

-Menu/Fixed pricing, penjual menetapkan harga dan pembeli diberi kebebasan untuk membeli/tidak

-One to one, Pembentukan harga memungkinkan adanya proses tawar menawar antara produsen dan konsumen

-Auction, Pembentukan harga melalui proses lelang, penjual menjual barangnya kepada penawar tertinggi.

-Reserve auction, pembeli menetapakan kebutuhan, penjual berlomba tender

-Barter, pertukaran barang/jasa

Sedangkan menurut Don Tapscott, seorang ekonom dgital, terdapat 4 tipe bisnis yang dapat dilakukan dalam komunitas bisnis elektronik dengan memanfaatkan fasilitas EC, antara lain:

1. Open Market, penjual dan pembeli bertemu langsung secara virtual. www.dilelang.com

2. Aggregation, Komunitas ini adalah perusahaan yang berfungsi sebagai pemimpin atau mediator dalam proses transaksi elektronis yang terjadi anatara produsen/penjual dan konsumen/pembeli. Perusahaan ini biasanya biasanya mengadakan penjanjian kerjasama dengnan perusahaan yang menghasilkan produk. Amazon.com

3. Alliance, Dalam komunitas ini terjadi prinsip kompetisi secara “collaborate to compete”, berkompetisi dengan cara berkolaborasi untuk mendapatkan kekuatan yang lebih besar. http://java.sun.com yang secara bersama-sama dengan SUN, IBM, Oracle, Nescape bekerja sama mengalahkan dominasi Mirosoft

3. Value chain, seperti aggregation, namun perusahaan berusaha sedimikian rupa agar terjadi urutan proses penciptaan produk dan jasa yang paling optimum dengan memakai konsep compentitive advantage.

…………..disadurkan dari “Total Pack: rahasia sukses membangun bisnis internet”, Hengki Ferdianto, Andi Yogyakarta,२००९

http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/bufahnun/2009/11/04/model-bisnis-internet-paling-menjanjikan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://outoforder03.blogspot.com/

Text widget

Twitter Update

Selasa, 05 Juli 2011

Model Bisnis Internet, paling menjanjikan ?

Model Bisnis Internet, paling menjanjikan ?

Beberapa fakta berikut ini bisa menjadi alasan: (Bill Gates)

1. Pengiriman berita atau informasi hanya dalam 1 klik via email, dengan jangkauan ratusan bahkan ribuan target pasar.

2. Presentasi dan komunikasi diselenggarakan dengan biaya murah, tanpa perlu menyewa gedung dan bepergian untuk melakukan komunikasi atau dialog dengan target pasar

3. Informasi bisnis (brosur) dibaca jutaan orang pada saat yang bersamaan dalam 24 jam sehari , tanpa biaya reproduksi

4. Berpromosi langsung kepada sasaran / targeted market.

PEMBAGIAN MODEL BISNIS INTERNET

Menurut Afuah (Internet Business Model and Strategies, 2003), 3 komponen utama dari model bisnis internet:

1. Revenue Model. Cara suatu perusahaan menghasilkan revenuenya dari internet. Sekarang ini, banyak perusahaan menggabungkan atau memiliki lebih dari satu bentuk ini. Contoh model bisnisnya adalah:

- Commision based model, model pendapatan yang diperoleh oleh pihak ketiga (intermediary), yang menjadi market maker atas setiap transaksi yang terjadi di websitenya. Perusahaan hanya sebagai penyedia tempat transaksi yang akan mendapatkan persenan keuntungan dari transaksi pembeli dan penjual. tokobagus.com, eBay, PriceLine, VerticalNet

- Advertising base model, model pendapatan yang diperoleh dari iklan perusahaan lain yang ditempel di website kita. Setiap orang akan membayar sejumlah uang pada kita sebagai pemilik website ketika ia menitipkan iklannya di website kita. Yahoo!, AOL, MSN

-Marked up base model, model pendapatan yang berasal dari selisih harga jual dan harga beli dari supplier. Model ini biasanya didapatkan oleh toko online, virtual merchant, e-shop, dan e-tailer. Etrade, Amazon.com

-Production base model, model pendapatan yang diperoleh dari penjualan produk yang dibuat sendiri. Produk yang diproduksi akan secara langsung dipasarkan melalui internet. Dell Computer, HP Campaq, IBM

-Reveral base model, model pendapatan yang diperoleh dari fee karena mengarahkan pengunjung ke website perusahaan lain, biasanya didapatkan oleh portal dan search engine perusahaan yang melakukannya antara Google dengan AdWord-nya dan Yahoo!

-Subscription base model, model pendapatan tetap menurut periode tertentu atas service yang diberikan kepada user, misal ISP

-Fee for service based model, model pendapatan fee berdasarkan beberapa lama atau beberapa banyak user menggunakan service, misalnya perusahaan penyedia webhosting, email account, ASP (application service provider)

2. Commerce Strategies, pembagian bisnis internet berdasarkan pihak-pihak yang terlibat, atau pembagian berdasarkan kepada siapa suatu perusahaan melakukan bisnisnya di internet. Dalam prakteknya perusahaan bisa menjalankan lebih dari model ini. Beberapa jenisnya adalah:

-B2B, kegiatan jual beli barang dan jasa antar bisnis / perusahaan

-B2C, kegiatan bisnis/perusahaan menjual kepada konsumennya

-C2C, kegiatan konsumen menjual kepada konsumen lainnya, biasanya melalui intermediari

-C2B, kegiatan konsumen menetapkan harga untuk barang yang mereka ingin beli dan perusahaan bisa mengambil tawaran tersebut/tidak.

3. Pricing model, pembagian bisnis internet berdasarkan mekanisme pembentukan harga yang terjadi dalam perusahaan. Beberapa diantaranya:

-Menu/Fixed pricing, penjual menetapkan harga dan pembeli diberi kebebasan untuk membeli/tidak

-One to one, Pembentukan harga memungkinkan adanya proses tawar menawar antara produsen dan konsumen

-Auction, Pembentukan harga melalui proses lelang, penjual menjual barangnya kepada penawar tertinggi.

-Reserve auction, pembeli menetapakan kebutuhan, penjual berlomba tender

-Barter, pertukaran barang/jasa

Sedangkan menurut Don Tapscott, seorang ekonom dgital, terdapat 4 tipe bisnis yang dapat dilakukan dalam komunitas bisnis elektronik dengan memanfaatkan fasilitas EC, antara lain:

1. Open Market, penjual dan pembeli bertemu langsung secara virtual. www.dilelang.com

2. Aggregation, Komunitas ini adalah perusahaan yang berfungsi sebagai pemimpin atau mediator dalam proses transaksi elektronis yang terjadi anatara produsen/penjual dan konsumen/pembeli. Perusahaan ini biasanya biasanya mengadakan penjanjian kerjasama dengnan perusahaan yang menghasilkan produk. Amazon.com

3. Alliance, Dalam komunitas ini terjadi prinsip kompetisi secara “collaborate to compete”, berkompetisi dengan cara berkolaborasi untuk mendapatkan kekuatan yang lebih besar. http://java.sun.com yang secara bersama-sama dengan SUN, IBM, Oracle, Nescape bekerja sama mengalahkan dominasi Mirosoft

3. Value chain, seperti aggregation, namun perusahaan berusaha sedimikian rupa agar terjadi urutan proses penciptaan produk dan jasa yang paling optimum dengan memakai konsep compentitive advantage.

…………..disadurkan dari “Total Pack: rahasia sukses membangun bisnis internet”, Hengki Ferdianto, Andi Yogyakarta,२००९

http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/bufahnun/2009/11/04/model-bisnis-internet-paling-menjanjikan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://outoforder03.blogspot.com/

Labels

About Me

Foto saya
kreatif atau mati 081931194193 buku tahunan, clothing garment, Advertising rendragarment@gmail.com

Followers